Cara Menghitung Masa Subur

Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita

Cara Menghitung Masa Subur –┬áMempelajari kapan terjadinya masa subur sangatlah penting terutama bagi Anda yang berencana ingin mempunyai buah hati. Pada saat masa subur, hubungan seksual lebih cepat mengalami pembuahan, sehingga terjadinya kehamilan sangat besar bagi Anda. Pelajari informasi dibawah ini untuk mengetahui cara menghitung masa subur.

Kapan terjadinya masa subur?

Sebelum mengetahui masa subur, Anda perlu mengetahui kapan terjadinya masa menstruasi atau haid terlebih dahulu. Menstruasi berawal pada hari pertama dimana dinding rahim meluruh dan mengeluarkan dari vagina secara bersamaan.

Pada saat menstruasi, sel telur Anda akan berkembang di dalam ovarium. Ketika sel telur sudah matang, maka ovarium akan melepaskan sel telur tersebut ke uterus atau vagina. Peristiwa tersebut juga dikenal sebagai peristiwa ovulasi.

Lalu, kapan terjadinya ovulasi? Ovulasi terhitung sejak 12-14 hari sebelum hari pertama Anda mengalami menstruasi selanjutnya. Selain itu, hari terjadinya ovulasi juga bergantung pada siklus menstruasi Anda.

Apabila siklus yang Anda alami pendek, misalnya hanya 21 hari, maka ovulasi hanya terjadi beberapa hari sesudah menstruasi berakhir. Perlu juga Anda ketahui, waktu terjadinya ovulasi bagi setiap perempuan bisa berbeda-beda http://3.0.234.19/

Maka dari itu penting bagi Anda mempelajari siklus menstruasi Anda, sehingga Anda dapat memperkirakan kapan terjadinya ovulasi.

Kapan terjadinya masa subur sebenarnya?

Masa subur Anda diperkirakan terjadi disekitar waktu terjadinya ovulasi, lebih tepatnya ada pada lima hari sebelum ovulasi terjadi. Pada umumnya, masa subur perempuan selama 12-16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya.

Jadi, dapat dikatakan rata-rata perempuan mengalami masa subur diantara hari ke-10 hingga hari ke-17 sesudah hari pertama menstruasi berakhir. Hal ini hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur yakni 28 hari.

Tetapi, apabila Anda mempunyai siklus menstruasi yang berbeda, Anda dapat menghitung kapan masa subur Anda.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah lama masa menstruasi setiap perempuan berubah pada waktu ke waktu, biasanya terjadi selama 2-7 hari. Akibatnya, ovulasi dapat berbeda satu minggu lebih lambat atau lebih cepat daripada periode sebelumnya.

Selain dipengaruhi oleh proses ovulasi, kehamilan Anda juga sangat tergantung oleh bagaimana proses sperma menjangkau sel telur. Untuk dapat hamil, sel telur yang telah matang harus sesegera mungkin dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Cara menghitung masa subur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bila Anda ingin segera hamil, maka sel telur yang matang harus dibuahi pada kurun waktu 12-24 jam. Dari hal tersebut, Anda dapat mengetahui kapan sedang dalam kondisi paling subur.

Masa subur Anda dapat dihitung dengan menggunakan catatan atau analisis siklus menstruasi setidaknya selama 8 bulan terakhir.

Rumus menghitung masa subur:

Pelajari siklus menstruasi terpendek Anda. misalnya, siklus terpendek hanya 27 hari, kurangi angka tersebut dengan angka 18 maka hasilnya adalah 9. Maka, angka 9 lah yang menjadi hari pertama masa subur Anda.

Hitung melalui siklus terpanjang Anda. misalnya, 30 hari, maka kurangi angka tersebut dengan 11 maka hasilnya adalah 19. Angka inilah yang menunjukkan hari terakhir masa subur Anda.

Jadi, apabila siklus rata-rata Anda adalah 27 hingga 30 hari, maka Anda berada pada masa paling subur pada hari ke-9 hingga hari ke-19.

Anda juga dapat mengenali tanda-tanda masa subur seperti meningkatnya suhu basal tubuh, munculnya lendir pada mulut rahim, nyeri perut dan bergairah untuk melakukan aktivitas seksual.

Nah, itu tadi cara menghitung masa subur ternyata sangat mudah bukan? Anda bisa mencoba menghitung masa subur Anda sendiri sekarang. Semoga informasi tadi bermanfaat!